Sabtu, 20 Oktober 2012

Laporan Bacaan Novel perahu kertas


PERAHU KERTAS




1.      Identitas novel
Judul                           : Perahu Kertas
Penulis                         : Dee/Dewi Lestari
Penerbit                       : Bentang Pustaka
Tahun Terbit                : Cetakan XVI, 2012
Tempat Terbit              : Jakarta
Jumlah Halaman          : 444 Halaman
Jenis Huruh                 : Times New Roman
Banyaknya Bagian      : 46 Bagian


*      Jalan yang Berputar
Amsterdam 1999…
            Keenan sedih karena harus meninggalkan Omanya, waktu belajar yang hanya enam tahun ia rasakan hanya seperti mengedipkan mata. Hanya keajaiban yang bisa membatalkannya kembali ke Indonesia. Ia ingin menemani Omanya yang dianggap terlalu tua untuk hidup sendiri.

Jakarta 1999…
            Kugy yang baru lulus SMA sebulan yang lalu, memiliki sifat yang aneh, sangat berbeda dengan sahabatnya Noni. Noni tampak lebih dewasa dan teratur ketimbang kugy yang serampangan. Namun meskipun begitu, Kugy memiliki keteguhan yang tidak dimiliki oleh Noni. Sejak kecil, Kugy bercita-cita ingin  menjadi seorang penulis dongeng. Tidak semua orang menganggap menjadi seorang penulis dongeng layak disebut cita-cita. Kugy tahu hal itu, namun Kugy berupaya membuktikan bahwa ia bisa mandiri dari buku dan menulis.

*      Pindah ke Bandung
Jakarta, Agustus 1999…
            Sejak ia tahu bahwa zodiaknya Aquarius, simbolnya air, ia berhayal bahwa diriny adalah anak buah Dewa Neptunus yang diutus tinggal didaratan. Ia selalu menulis surat untuk Dewa Neptunus yang ia tulis dalam perahu kertas, kemudian ia hanyutkan ke laut ataupun sungai

Bandung, Agustus 1999…
            Disaat hujan diluar, meringkuk di tempat tidur dengan selimut adalah hak yang paling dahsyat bagi Kugy. Misinya sore itu adalah tidur dan bermimpi indah. Misinya digagalkan oleh kehadiran Noni yang membangunkannya lalu mengajaknya pergi  ke stasiun untuk menjemput sepupu pacarnya itu. Karena kesal ia tidak bertukar pakaian, pakaiannya mendekati compang-camping, namun ia tak perduli, lalu mereka pergi ke stasiun.
Namun Kugy dan Noni dibuat kaget karena ternyata Eko menyatakan bahwa ia lupa wajah sepupunya tersebut. Akhirnya dengan kerja keras Kugy yang terbilang sangat aneh itu, mereka bertemu dengan sepupu Eko.

*      Mother alien
            Kugy dan pacarnya Joshua, atau yang biasa disapa Ojos sangat berbeda dan bertolak belakang membuat semua temannya tidak habis piker mereka bisa jadian. Joshua yang dijuluki sebagai Prime…sementara Kugy dijuluki sebagai Mother Alien. Joshua yang necis dan jago basket adalah pujaan banyak cewek sementara Kugy dianggap sebagai duta besar dari semua makhluk aneh di sekolahnya. Meski begitu, hampir dua tahun mereka berpacaran, dan mereka tetap sepasang keksih yang bertolalak belakang. Dimata Kugy, Joshua sebagai penata hidupnya. Dan dimata Joshua, Kugy yang cuek dan seenaknya menjadi pengingat bagi dirinya untuk tetap bersikap santai dan terbuka dalam  hidup.



*      Lingkaran Suci
            Kardus pizza kosong mereka jadikan bagaikan sebuah lingkaran suci. Didepan lingkaran suci mereka menceritakan kejadian aneh yang pernah mereka alami, dan mereka sepakat bahwa pemenang lingkaran suci adalah Keenan yang memperagakan lipsync lagu Sakit Gigi-nya Meggy Z.
            Malam itu Kugy juga merasa heran mengapa ia bisa tergerak meminjamkan kumpulan dongengnya kepada orang yang baru ia kenal. Begitupun dengan Keenan, malam itu ia terjaga hingga larut malam untuk mebuat ilustrasi  begitu banyak untuk orang-orang yang baru ia kenal juga.

*      Sebatang Pisang Susu
            Hari ini Kugy mengajak Keenan ke warung panganannya yang bertuliskan “ Warung Pemadam Kebakaran ”. Keenan ditraktir oleh Kugy karena Kugy mendapat honor dari goresannya yang berhasil dimuat oleh majalah. Keenan dibuat terpana melihat nasi yang menggunug di piring Kugy dan Kugy juga mengambil sebuah pisang susu. Mereka makan sambil berbincang-bincang. Selasai makan Keenan mengajak Kugy ke kostnya, karena Keenan ingin menunjukkan sesuatu kepada Kugy. Keenan menunjukkan ilustrasi dari dongeng buatan Kugy. Tiba-tiba setetes air mata membasahi ilustrasi tersebut. Kugy sangat bahagia karena belum pernah ada yang mau mebuat ilustrasi untuk dongengnya kecuali Keenan.

*      Hunusan Pedang Es
            Kugy memenggil Keenan, namun Keenan sangat enggan menoleh kebelakang. Kugy berceloteh panjang lebar, namun Keenan menjawab dengan ringkas. Kugy lalu meminta Keenan  mengomentari cerpen yang telah dimuat di majalah, namun Keenan mengatakan tidak suka, Keenan lebih suka dengan dongen-dongen Kugy dengan tegas. Keenan mengatakan dalam cerpennya Kugy hanyalah penulis yang pintar merangkai kata-kata tetapi tidak bernyawa. Sehingga Kugy terhunus pedang es yang menyakitkan sekaligus membekukan. Setelah membaca dan membandingkan antara cerpen dan dongengnya, Kugy mulai menyadari bahwa dalam dongeng ia bercerita untuk memuaskan diri sendiri, sementara dala cerpen ia bercerita untuk memuaskan  orang lain.

*      Bulan, Perjalanan, Kita
            Libur semester telah tiba, saatnya Keenan dan Kugy bertoalak dari Bandung menuju ke Jakarta, mereka tinggal di satu kota yang sama. Namun belum menempuh separuh perjalanan, perjalanan terhenti dikarenakan menuju sebuah warung, tanpa direncanakan Keenan malah bertemu dengan Kugy di warung tersebut. Mereka menikmati suasana itu. Setelah kereta berjalan kembali, Keenan membisikan suatu kata kepada Kugy, Bulan – Perjalanan – Kita.

*      Memulai dari yang Kecil
            Keenan berlibur ke Ubud, mengunjungi Pak Wayan seorang seniman yang juga sahabat ibunya. Liburan ini terasa sangat berbeda karena sebulan penuh di rumah Pak Wayan cukup untuk membayar seluruh kerinduan Keenan terhadap seni. Di Ubud Keenan tertarik untuk memahat, hingga ia ingin belajar dari Pak Putu, dan Keenan memngambil sepotong kayu yang berukuran agak kecil, karena menurutnya memuali dari hal kecil kemungkinan akan lebih baik.

*      Proyek Percomblangan
            Libur semester telah berakhir, Kugy kembali beraktivitas dikampus. Geng midninght sedang duduk diwarung pemadaman, hanya keenan yang belum masuk kuliah. Mereka mulai membicarakan hal yang serius, Noni mempunyai rencana untuk mencomblangkan Keenan kepada sepupunya, Wanda, Eko, kekasih Noni sangat setuju dengan ide Noni, namun tidak dengan Kugy. Kugy tidak seantusias Noni dan Eko, Kugy tidak merasa Keenan tidak akan mau. Respon Kugy sangat ketus atas ide Noni yang menerutnya konyol.

*      Kurator Muda
            Seharusnya mala mini Kugy bahagia, namun karna kehadiran Wanda membuatnya merasa tidak nyaman, karena kehadiran Wanda membuat Kugy tidak ikut ke kost Keenan. Dikost keenan, Wanda memandangi lukisan-lukisan Keenan, Wanda memuji lukisan-lukisan Keenan bagaikan curator professional hingga membuat Keenan merasa nyaman bercerita bersama Wanda, meskipun awalnya sikap Keenan dingin dan alai.

*      Sakola Alit
            Kugy dan Kedua rekannya meulai mengajar disaloka alit, disebuah desa terpencil. Mereka tergerak hatinya untuk membagi ilmu kepada anak-anak yang tidak sebenruntung mereka. Kugy mau menerima tawaran Ami untuk mengajar agar sibuk dan melupakan Keenan, saat inipun Kugy sangat cuek terhadap Keenan.

*      Jendral Pilik dan Pasukan Alit
            Kugy berusaha mengajar dengan baik, ia membawakan anak-anak tersebut buku bacaan dongeng, namun Kugy tersentak kaget mengetahui bahwa anak-anak tersebut tidak mengetahui tokoh-tokoh dongeng.
            Untuk meningkatkan kemmapuan muridnya, Kugy akhirnya membuat perjanjian dengan anak-anak itu, setiap mereka berhasil naik tingkat membaca, maka Kugy membuatkan dongeng tentang mereka. Maka terbentuklah Jendral Pilik dan pasukan Alit.

*      Rencana Besar Wanda
            Lukisan-lukisan Keenan berhasil masuk kegaleri warsita atas usaha Wanda, karena ia pelukis muda dan lukisannya belum pernahmasuk galeri sehingga membuat costumer tidak ada yang berminat memberlinya, tetapi Wanda tidak putus asa, ia terus berusaha berpikir dan ia pun menelpon temannya, meminta data teman-temannya, ia membeli lukisan-lukisan Keenan menggunakan data teman-temannya, dalam waktu singkat, empat lukisan Keenan terjual dibeli oleh empat orang berbeda, namun dibayar oleh orang yang sama Wanda.

*      Buku Harta karun
            Keenan menghadiri undangan untuk mengajar disekolah alit. Lalu, Keenan mengajar dikelas Kugy, Keenan menggambarkan semua permintaan anak-anak didiknya Kugy. Keenan menggambarkan dalam waktu kurang dari 1 menit sehingga membuat pasukan pilik terkagum-kagum. Setelah selesai mengajar Keenan berbicara kepada Kugy, mereka berdua sangat senang mengajar pasukan pilik, lalu  Keenan berpamitan ingin pulang. Namun tiba-tiba Kugy memberikan sebuah buku yang sudah lecek yang berisi cerita pasukan pilik yang dianggapnya sebagai buku harta karunnya.

*      Mencari Ketulusan
            Keenan berusaha mencari ketulusan cinta Wanda. Keenan merasa belum pas untuk menjalani hubungan dengan Wanda. Namun, Keenan berusaha untuk fair. Wanda sudah teralalu banyak membantu karier Keenan.
             Namun saat maakan malam, Keeenan sedikit menemukan ketulusan dari diri wanda. Lalu Keeenan pun mengatakan perlahan akan menjalani hubungan dengan Wanda tanpa diduga Wanda sangat bahagia malam itu.

*      Salah Berharap
            Kugy sangat terkejut mendengar berita terbaru dari Nani yang mengatakan bahwa Wanda telah jadian dengan Keenan. Kugy merasa ada yang aneh yang telah terjadi pada dirinya. Ia bingung mengapa ia merasa kecewa dengan Keenan. Keenan mengatakan bahwa ia sekedar kagum pada Wanda, pandangan Keenan kepada Kugy kata-kata Keenan dan sikap Keenan membuat Kugy  bingung, mungkinkah ia salah berharap?

*      Tiga Kata Saja
            Malam itu begitu membuat pilu, Keenan merasa bersalah karna Wanda menangis karnanya. Wanda menangis karena merasa bahwa Keenan berusaha menjadikannya sebagai duplikat Kugy. Namun Keenan berusaha mengalihkan dengan cara membuat sketsa lukisan, melihat sikap Keenan, wanda mengajukan tantangan untuk Keenan mengatakan kata ‘I LOVE YOU’ kepadanya. Namun Keenan hanya terdiam tak mampu mengucapkan kata tersebut sehingga membauat Wanda terus menerus menangis, yang dapat dilakukan olleh Keenan adalah memeluk Wanda dan berusaha menenangkannya.

*      Kepergian dan Kehilangan
            Noni dan Kugy berdiam-diaman sebab sewaktu Noni bertanya penyebab Kugy putus dengan Ojos, Kugy danya diam dan tidak menjawab membuat noni kecewa dan memutuskan untuk tidak berkomunikasi dengan Noni.
            Malam itu Eko yang sedang menunggu noni berbicara dengan Kugy, lalu Noni keluar dari kamarnya, Noni dan Kugy saling berpandangan membuat Eko memberikan waktu agar mereka berbicara. Kemudian Kugy berbicara pada Noni dan akhirnya mereka baikan karna baik Noni maupun Kugy merasa ada yang pergi dan merasa sangat kehilangan.

*      Tragedi Pesta Noni
            Kugy semakin dibuat bingung dengan perasaannya sendiri. Ia bingung harus dating ke pesta Noni atau tidak. Jika ia tidak datang maka lengkaplah anggapan sahabatnya itu bahwa ia menjauh dari sahabatnya itu, namun jika ia datang maka hatinya yang akan remuk. Setelah beberapa menit akhirnya Kugy memutuskan untuk tidak datang ke pesta Noni.
            Sementara Noni sangat berharap Kugy datang, malam itu Noni telah mempersiapkan sebuah medali emas bertuliskan ‘Sahabat terbaik dan terawet’ yang dipesan di took olahraga yang akan ia kalungkan dihari jadinya Noni yang ke-20. Namun malam itu medali itu tersebut tidak mempunyai arti dan Noni menyuruh Eko untuk menjadikan medali tersebut sebagai pengganjal meja, dan Noni sangat kecewa dengan Kugy.

*      Kebohongan Gigantis
            Disaat pesta Noni selesai, Wanda tampak mabuk dan Keenan mengantarnya ke kamar,dikamar wanda berusaha merayu Keenan namun Keenan sama sekali tidak tertarik membuat Wanda sangat marah. Wanda sangat emosi hingga ia berjalan smpoyongan kearah tempat tidurnya dan menaikkan bed cover yang menjulur kelantai lalu mengambil gulungan-gulungan lalu diberikan kepada Keenan. Seketika Keenan kaget dan meminta wanda menjelaskan, karena masih dalam suasana emosi, Wanda menceritakan bahwa lukisan itu ia yangbeli. Keenan marah dan merasa itu adalah kebohongan giganis, tanpa memikirkan Wanda yang tiba-tiba menangis terisak-isak, Keenan meninggalkan kamar Wanda dan membawa empat lukisan-lukisannya.

*      Hampa yang Menyakitkan
            Keenan terdiam dikamar kostnya, uang dapat membeli segalanya tapi tidak dengan rasa percaya, piker Keenan getir. Baru kali ini ia merasa prihatin pada dirinya sendiri. Hampa menghampirinya, namun ia kembali merenung : Bagaimana hampa bisa menyakitkan? Hampa berarti tidak ada apa-apa, tidak ada apa-apa harusnya ridak ada masalah, termasuk rasa sakit

*      Pulang ke Ubud
            Keenan  mendapat surat dari Pak Wayan yang berada di Ubud. Pak Wayan menceritakan tentang lukisan yang ia kirim bahwa lukisan yang berjudul “ Jendral Pilik dan Pasukan Alit” telah laku terjual. Pak Wayan juga menyuruh Keenan untuk pulang ke Ubud. Ternyata Pak Wayan sangat menyayanginya, karena itu ia berani mengambil keputusan untuk ke Ubud dan disana ia akan memulai hidup yang baru. Laliu Keenan pun meminta izin pada Ibunya untuk pamit ke Ubud dan tinggal bersama Pak Wayan.

*      Menangkap Bintang
            Sudah hampir tiga minggu Keenan berada di Ubud, Keenan mulai merasa tidak enak pada Pak Wayan yang hanya menumpang tidur dan makan seharusnya di Ubud dia berkarya. Setiap hari ia menyiapkan alat tulisnya namun hatinya tidak tergerak untuk menulis. Namun Luhde, keponakan Pak Wayan terus memberinya masakan yang mampu membangkitkan percaya diri Keenan untuk menulis.

*      Pembeli Pertama
            Ketika Keenan tidur di Bale, ia dibangunkan oleh Luhde yang mengatakan bahwa telah ada seseorang penggemar fanatik lukisan Keenan yang ingin membeli lukisannya. Menurut sang pembeli, lukisan Keenan unik, gaya lukisannya fresh, original dan sangat mempunyai jiwa dan untuk pertama kalinya Keenan melihat langsung ada orang yang membeli lukisannya.

*      Hadiah dari Hati
            Keenan mengetahiu bahwa minggu depan Luhde berulang tahun. Keenan menawarkan berbagai macam kado kepada Luhde, namun Luhde hanya menggeleng. Luhde menginginkan karya Keenan yang dibuat dengan sepenuh hati yaitu sebuah pahatan kayu sebesar genggaman tangan yang hendak diberikan kepada Kugy, dilemma besar menyerang hatinya, dilema yang sebelumnya tak pernah ada. Keenan memejamkan mata, ia pun tahu sudah saatnya ia melepaskan bayangan Kugy.
*      Lembaran Baru
            Dua kali tahun baru sudah dilewatkan oleh Kugy tanpa revolusi apa-apa. Biasanya ia gemar melakukan ritual menunlis target dan khayalan diatas kertas lalu menyembunyikannya disuatu tempat untuk dibaca lagi pada malam tahun baru berikutnya. Namun kali ini berbeda.
            Sementara Keenan merayakan tahun baru bersama Luhde disebuah pesta yang diadakan dirumah milik teman baik pak Wayan. Halaman belakang yang langsung menghadap pantai memungkinkan Keenan melihat kearah laut. Ia kembali mengingatkan bahwa tahun baru telah dimulai, lembaran baru telah dibuka.



*      Janji Adalah Janji
            Selama ini Eko selalu membantu Kugy menyelesaikan skipsinya. Kugy termasuk dalam segelintiran mahasiswa yang lulus dibawah 4 tahun. Eko selalu menolong Kugy, bahkan mia pernah membatalkan janji kencan dengan Noni karena membantu Kugy mengetik hingga malam. Kugy merasa berhutang budi banget dengan Eko, Kugy sadar jika tidak ada Eko maka skripsinya akan berantakan. Kugy mengatakan bahwa dia akan melakukan apapun demi membalas kebaikan Eko, dan Eko mengurus Kugy bicara kepada Noni setelah ia sidang. Kugy paling takut membayangkan hal itu, namun ia telah janji kepada Eko, janji adalah janji.

*      AdVocaDo
            Kugy telah selesai sidang dan mendapatkan A-plus. Lalu ia kembali ke Jakarta untuk bekerja atau lebih tepatnya magang sambil menunggu wisuda. Oleh Kevin ia dimasukkan ke perusahhan temannya di perusahaan AdVocado. Kugy kaget melihat bos nya yang masih sangat muda, berpenampilan gaul dan berwajah tampan.

*      Bumi pun Berputar
            Ditempat kerjanya Kugy hanya menggunting, memotong dan memfotocopy, serta mengaduk-aduk kopi. Namun hari ini ia terlihat dalam sebuah rapat internal, membahas sebuah produk baru dan Kugy mengeluarkan idenya yang akhirnya disetujui oleh semua tim dan Kugy jadi proyek kadernya.
            Sementara Keenan merasa tisak bisa melukis, hatinya hampa, kepalanya kosong. Lalu Luhde berusaha untuk menenangkan hati Keenan dan mengatakan bahwa bumi hanya sedang berputar.

*      Agen Non-Aquarius
            Remi merasa senang bisa mendengar cerita masa kecil Kugy yang terbilang aneh dan Remi ingin menjadi agen neptunus, namun karna zodiac Remi libra, Kugy member nama agen non-aquarius dan Kugy memberinya syarat untuk menjadi agen neptunus, yaitu makan seafood sebanyak mungkin dan bisa membuat perahu kertas. Remi sangat senang bisa makan malam dengan Kugy.

*      Arisan Toilet
            Untuk pertama kalinya Kugy ikut acara gathering biro dan periklanan yang berlangsung di wine lounge itu hampir dihadiri 100 orang. Panganan langsung disuguhkan adalah gelas berisi anggur merah dan putih serta makanan-makanan ringan membuat Kugy tidak merasa kenyang, akhirnya dia memutuskan untuk makan diluar namun Remi menanwarkan diri untuk menemani Kugy. Saat Kugy menunggu Remi, Kugy pergi ke toilet dan di toilet ia baru sadar bahawa Remi sangat di idam-idamkan oleh banyak wanita sehingga ada forum arisan di dalama toilet.

*      Ninja Asmara
            Advocado punya topic hangat yang selalu diulas siapapun, dimanapun dan kapanpun. Kugy tidak hanya popular karna dianggap prodigy atas ide yang gila, Kugy juga memiliki julukan baru, yakni ‘Si Ninja Asmara’. Julukan itu diperoleh karna tidak ada yang menyangka Kugy berhasil mematahkan hati banyak perempuan yang selama ini mengincar Remi.


*      Kekuatan Mencinta
            Mama Keenan memberanikan diri untuk menjemput Keenan ke Bali. Sebenarnya mama Keenan belum berani menginjakkan kaki ke rumah Wayan, lelaki yang masih dicintainya. Begitupun dengan Wayan, ia masih sangat menyayangi Lena, mamanya Keenan. Bagi Wayan Lenalah satu-satunya wanita yang sangat dicintainya dan tak tergantikan rasa cinta Wayan kepada Lenan sangatlah kuat hingga Wayan memilih tidak menikah dengan wanita manapun.



*      Malam Terkhir Diujung Tahun
            Kugy merayakan malam tahun baru bersama dengan Remi di pantai Ancol. Remi selalu menemani Kugy dan Kugy pun tahu bahwaRemi menyimpan perasaan pada Kugy. Remi mengungkapkan perasaannya dan membuat Kugy dilemma dan didalam hatinya terjadi perseteruan hebat. Kugy tidak bisa berkata-kata, ia hanya berharap Remi dapat membaca dari matanya. Seolah mendengar apa yang terucap, Remi tersenyum lembut, Remi mendekatkan bibirnya ke bibir Kugy, menciumnya dengan perasaan yang di pendamnya selama ini. Dalam hati Kugy mengucapkan selamat tinggal pada satu nama, melepaskannya pada angin dan ombak, menghanyutkannya di air laut merelakannya lepas bersama malam terakhir di ujung tahun.


*      Pangeran Sejati
            Setelah berminggu-minggu kerja lembur, tubuh Kugy kalah. Pada hari ulang tahunnya, Kugy terpaksa meringkuk ditempat tidur karna sakit flu.Remi muncul dihadapan Kugy dengan wajah bersinar diterangi lilin kecil yang diletakkan di atas kue tar dan Remi memberikan hadiah sebuah gelang yang terdiri dari batu-batu mungil berwarna biru cemerlang. Setelah Kugy meniup lilin, Kugy mendekap Remi, Kugy menyadari sesuatu. Keenan mungkin pangerannya saat ia masih berumur 18 tahun, sebuah dongeng indah. Namun inilah kenyataan sederhana, Remi lah pangeran sejatinya. Remi nyata ada dan mencintainya.

*      Reuni Kelompencapir
            Malam ini Kugy akan menghadiri pesta pertunangan Eko dan Noni karna ada presentasi mendadak, Remi tidak bisa ikut menghadiri acara tersebut. Sesampainya di tempat pesta. Kugy maupun Keenan dibuat kaget.mereka sama-sama tidak mempercayai keberadaan mereka saling bertemu diacara itulah mereka berempat dapat berkumpul kembali.

*      Tabir yang Tidak Bisa Ditembus
            Hari ini Keenan mengajak Kugy ke bandung untuk menjenguk sekolah alit juga Jenderal Pilik. Sesampainya disana Kugy dan juga Keenan merasa asing karna tidak ada lagi sekolah alit dan juga anak murid Kugy. Dari penduduk setempat Kugy bahu bahwa para penduduk telah digusur dan ironisnya lagi, pilik telah tiada karena tifus tiga bulan yang lalu menyerang tubuh kecilnya. Kugy dan Keenan terhempas pada cerita dongeng dan realitas yang ada. Realitas dan dongeng terpisahkan tabir yang rasanya tidak akan pernah bisa ditembus.

*      Peculikan Paling Indah
            Setelah dari sekolah alit, Keenan mengajak Kugy kesuatu tempat hari ini peraturan yang berlaku yaitu peraturan dari Keenan. Hari ini Kugy harus rela diculik ke manapun Keenan mengajak Kugy ke pantai Ranca Buaya. Kugy pun mengakui bahwa ini adalah penculikan yang menyenangkan.

*      Karya Bersama
            Menjelang pulang kantor Keenan tidak tahahn untuk tidak menghubungi Kugy. Keenan menghubungi Kugy dan menceritakan ide yang ada dalam pemikirannya. Ia mengajak Kugy untuk berkarya bersama-sama. Kugy menulis dan Keenan melukis, ide itu pun disambut bahagia oleh Kugy.

*      Menemukan Oasis
            Kugy telah berada di Bali karena dari kantornya ada acara Outing ke bali. Di Bali ia merasa kurang nyaman karena tidak bisa hunting objek yang akan di potretnya. Lalu Remi mengajak Kugy ke gallery pak Wayan, disana Kugy dan juga Remi menemukan sesuatu yaitu alam bebas yang sangat menyenangkan.

*      Buku dan Pameran
            Malam ini Keenan mengajak Kugy makan malam disebuah restoran Jepang terkenal di Hotel Mulia. Keenan mengatakan bahwa mereka perlu merayakan keberhasilan mereka. Buku Kugy diterbitkan dan pameran lukisan. Dua buku sekaligus akan diluncurkan. Penerbitnya adalah yang membeli lukisan Keenan juga.

*      Kastil yang Berdiri Tegak
            Kugy menyadari bahwa Keenan masih menjadi pangerannya. Bertahta dalam sebuah kastil yang masih berdiri tegak hingga detik ini. Namun, kehadiran Luhde meruntuhkan segalanya bagi Kugy. Kastilnya hancur dan rata dengan bumi

*      Cincin dalam Kotak Perak
            Malam itu Remi memberikan cincin kepada Kugy yang di letakan dalam sebuah kotak berwana perak, Remi tidak mengharuskan Kugy menjawabnya sekarang. Remi memberinya waktu namun Kugy malah kabur ke kontrakan Karel, kakak kandung Kugy. Kugy ingin menenangkan diri, ia terlalu sulit memahami yang sebenarnya terjadi.

*      Cinta Tak Berujung
            Keenan mendatangi rumah kontrakan Karel. Disana ia menemukan Kugy lalu Keenan mengungkapkan bahwa ia mencintai Kugy dari awal bertemu sampai saat ini belum berubah. Ia sangat  menyayangi Kugy dan ia melihat bahwa cintanya pada Kugy tidak berujung.

*      Bayangan Itu Punya Nama
            Di dalam kumpulan dongeng yang dibuat Kugy, di halaman terakhirnya terdapat sebuah surat ucapan Happy Birthday. Remi sadar dan tahu bahwa selama ini, bayangan kekhawatiran yang menyelimutinya adalah bayangan tersebut. Dan bayangan itu sudah jelas dan pun ya nama. Keenan

*      Hati Tak Perlu Memilih
            Remi telah merelakan Kugy untuk bersama dengan Keenan dan Luhde pun berusaha merelakn Keenan untuk pergi. Luhde mengatakan bahwa hati tidak pernah memillih. Hati dipilih, jadi menurut Luhde jika Keenan mengatakan telah memilih Luhde, selamanya Keenan tidak akan pernah tulus mencintai Luhde. Akhirnya Keenan dan Kugy dapat bersatu dan mereka sepakat untuk berhenti jadi Agen Neptunus.

3 komentar: